DINAMIKA PEMILIHAN LEGISLATIF

Sabungan Sibarani

Abstract

Proses pelaksaan pesta demokrasi yakni pemilihan umum, pemerintah telah membentuk lembaga khusus yang menangani pelaksanaan pemilihan umum baik administratif maupun teknis. Permasalahan dalam karya ilmiah ini adalah bagaimana dinamika pemilu dan kedewasaan berpolitik di Indonesia? bagaimana kepekaan gender dalam politik di Indonesia dan bagaimana adanya sinyalemen yang mengatakan keputusan MK melemahkan politik perempuan? Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian normatif, yaitu suatu prosedur penelitian ilmiah yang mampu menemukan kebenaran berdasarkan logika keilmuan dari sisi normatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa permasalahan dalam pelaksanaan pemilihan umum Indonesia antara lain adalah biaya yang mahal, golongan putih (golput), dan penetapan daftar pemilih tetap. Mengamati perkembangan dinamika politik dari mulai jauh hari sebelum pemilu legislatif  sampai dengan proses menuju  pemilu, memang banyak terjadi dinamika, baik proses yang baik ataupun bahkan proses yang buruk. Tampaknya masih tidak mudah untuk memasukkan perspektif gender dalam setiap perumusan kebijakan publik. Oleh karena itu pencerahan mengenai perspektif gender yang dilakukan kepada semua komponen bangsa. Keputusan MK tersebut telah menegaskan sistem pemilu yang digunakan adalah proporsional daftar calon terbuka murni, tidak lagi semi terbuka. Harus ada peningkatan kualitas kinerja dari aparatur pemerintah dari segala aspek yang berkaitan dengan sistem politik dan penegakan hukum.

Keywords

Pemilihan Umum; Legislatif.

Full Text:

PDF

References

Budiardjo, Miriam, Dasar-Dasar Ilmu Politik, (Jakarta.PT. Gramedia Pustaka Utama, 2009), hal. 73.

Nawawi, Hadari Metode Penelitian Bidang Sosial, (Yogyakarta: Gajah Mada University Press, 2007).

Soekanto, Soerjono dan Sri Mamudji, Penelitian Hukum Normatif; Suatu Tinjauan Singkat, (Jakarta : RajaGrafindo Persada, 2009), hlm. 14.

Syafiie, Inu Kencana, Pengantar Ilmu Pemerintahan, (Bandung: Eresco, 1991), hal. 73.

Anonim, “Dinamika Pemilu dan Kedewasaan Berpolitik”, http://blogs.unpad.ac.id, diakses 21 April 2015.

Haq, Endun Abdul Haq. Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kuningan. 2009. Optimisme Pemilu 2009. Dalam http://www. radarcirebon.com. Diakses Tanggal 16 April 2015.

Siska, Febria Marta, “Dinamika Pemilu Legislatif Dalam Perspektif Lahirnya Keputusan Mahkamah Konstitusi Mengenai Suara Terbanyak”, http://febriamartasiska.blogspot.com, diakses 20 April 2015.

Subekti, Valina Singka, Kepekaan Gender Dalam Politik Indonesia. Harian seputar Indonesia. Dalamhttp://www.ahmadheryawan.com. Diakses Tanggal 16 April 2015.