Submissions

Online Submissions

Registration and login are required to submit items online and to check the status of current submissions.

Already have a Username/Password for Jurnal Legislasi Indonesia?

Go to Login Start New Submission

Need a Username/Password?

Go to Registration
 

Author Guidelines

PANDUAN UNTUK PENULIS JURNAL LEGISLASI INDONESIA

(Center, Bold, Bodoni MT 12, Satu Spasi)

 

Penulis Pertama, Penulis Kedua, Penulis Ketiga

Lembaga/Instansi

Email: legislasi@yahoo.com

Nomor Whatsapp

(tidak akan dicantumkan saat tulisan diterbitkan, hanya untuk mempermudah redaksi melakukan konfrimasi terkait proses reviu dan editing)

(Center, Bodoni MT 12)

 

Penulis Kedua

Jika para penulis berada pada afiliasi yang berbeda, ditambahkan di bawah Penulis Pertama dengan format yang sama

 

 

Abstract

 

The abstract is a presentation of a concise, careful, and comprehensive description of the contents of a scientific essay that serves to provide a concise description of the contents of the manuscript and arranged in such a way about inspiring the reader to read the contents of the manuscript as a whole. For an abstract to fulfill its function, the writer should pay attention to the terms of compiling and writing abstracts, including in the selection of words that are efficient and precise as soon as using standard and communicative language, the preparation of sentences that are full of meaning into coherent paragraphs. Abstracts in JLI are written in Indonesian and English which consist of one paragraph 150-200 words. Information written in the abstract includes the background of the problem, the formulation of the problem, the approach or method used, the results of the study, and conclusions. Abstracts are equipped with keywords that reflect the main concepts discussed in writing to make it easier for readers to find writing.

 

Keywords: abstract, scientific writing, abstract provisions

 

Abstrak

Abstrak merupakan penyajian uraian ringkas, cermat dan menyeluruh dari isi suatu karangan ilmiah yang berfungsi untuk memberikan gambaran ringkas tentang isi naskah dan  disusun sedemikan rupa untuk menggugah pembaca untuk membaca isi naskah secara keseluruhan. Agar abstrak dapat memnuhi fungsinya, penulis hendaknya memperhatikan ketentuan-ketentuan menyusun dan menulis abstrak, termasuk dalam pemilihan kata yang efisien dan tepat seera menggunakan bahasa yang baku dan komunikatif, penyusunan kalimat yang sarat makna menjadi paragraph yang koheren. Abstrak dalam JLI ditulis dalam bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris yang terdiri atas satu paragraf 150-200 kata. Informasi yang dituliskan di dalam abstrak meliputi latar belakang masalah, rumusan masalah, pendekatan atau metode yang digunakan, hasil penelitian, dan kesimpulan. Abstrak dilengkapi dengan kata kunci yang mencerminkan konsep-konsep utama yang yang dibahas di dalam tulisan untuk memudahkan pembaca menemukan tulisan.

 

Kata Kunci: abstrak, tulisan ilmiah, ketentuan abstrak

 

A.     Pendahuluan

 

Bab pendahuluan merupakan bab pertama dari karya ilmiah yang berisi gambaran dari  topik  penelitian yang  hendak  disajikan. Pada  bagian  ini  penulis harus  menguraikan sesuatu  yang menjadi  ketertarikan pada objek  bahasan. Oleh karena    itu   kepekaan   untuk    memperhatikan   fenomena-fenomena   mutakhir menjadi   kebutuhan  penting.      Tidak jarang  sebuah  karangan  ilmiah mendapat sambutan hangat dari pembaca karena membahas isu terkini yang sedang hangat diperbincangkan

Bab pendahuluan memuat  kompilasi antara  latar belakang yang merupakan uraian informasi penyebab timbulnya masalah  dalam   penelitian, uraian singkat teori yang   relevan dalam penelitian, serta metode penelitain yang digunakan.

Naskah Jurnal Legislasi  Indonesia diketik  dengan ketentuan sebagai berikut:

 

1.    Ditulis satu kolom di atas kertas A4, 1.5 spasi, dengan jenis huruf/font Bodoni MT

ukuran 12;

2.    Paling sedikit 20 halaman dan paling banyak 25 halaman;

3.    Penulisan kutipan/sitasi menggunakan Chicago Style dan harus memuat empat unsur, yaitu siapa yang menulis, apa yang ditulis, kapan ditulis, dan dimana ditulis.

 

B.     Pembahasan

Bab kedua  untuk  naskah hasil penelitian  diberi  judul  “Pembahasan” yang

mencakup tinjauan  pustaka,  data dan analisis.

 

Apabila  di dalam  naskah  disajikan tabel/gambar, harus  disebutkan dengan jelas nomor/judul tabel/gambar, serta sumber  referensi  yang digunakan, seperti yang disebutkan dalam  Tabel 1:

 

Tabel   11

Statistik Pengunjung Jurnal Legislasi Indonesia

 

 

Day                   Date             Page Loads

Unique

Visits

First Time

Visits

Returning

Visits

Monday

6th July 2020

487

246

185

61

Tuesday

7th July 2020

471

277

223

54

Wednesday

8th July 2020

556

269

207

62

Thursday

9th July 2020

799

290

218

72

Friday

10th July 2020

553

235

173

62

Saturday

11th July 2020

240

130

103

27

Sunday

12th July 2020

0

0

0

0

Monday

13th July 2020

86

28

20

8

 

 

 

 

1Transparency International Indonesia. Global Corruption Barometer 2017. Rilis Media Transparency  International       Indonesia.       7       Maret       2017.       Diakses       tanggal       13       Agustus       2020. https://riset.ti.or.id/global-corruption-barometer-2017/.

 

B.1. Subbab Satu

Dalam     bab    dapat     juga     terdiri     dari    sub     bab  yang  disesuaikan dengan jumlah permasahalahan yang akan dibahas. Subbab B.1. untuk menjawab permasalahan pertama.

 

 

B.2.  Subbab Kedua

Subbab kedua untuk membahas permasalahan kedua. Jika penulis hanya membahas satu permasalahan saja, cukup diuraikan dalam satu bab.

 

C.      Penutup

Bab Penutup  merupakan bab terakhir  pada suatu naskah karya ilmiah untuk menyimpulkan hasil penelitian dan memberikan saran atau rekomendasi pada bidang keilmuan. Bagian penutup yang baik memenuhi beberapa syarat, yakni tidak bertele- tele, fokus merangkum bagian isi makalah, dan tidak memberikan saran atau rekomendasi yang tidak ada hubungannya dengan pembahasan.2

 

Daftar    Pustaka

 

Daftar  pustaka   atau  bibliografi  adalah  daftar  buku-buku  dan  artikel yang menjadi  acuan atau refrensi  dalam penulisan karya ilmiah. Daftar pustaka     ditulis pada  akhir  tulisan,  berfungsi  agar  pembaca  dapat  menelusuri  sumber  asli   dari referensi.

1.      Buku, nama akhir dan nama awal penulis pertama, nama awal dan nama akhir

penulis   kedua   (jika   lebih   dari   satu   penulis),   tahun   terbit,   judul,   tempat diterbitkan, dan nama penerbit.

Contoh:

Budiarjo,   Miriam. 1992.   Dasar-Dasar   Ilmu   Politik. Jakarta:      Gramedia

Pustaka    Utama.

Salman,   Otje   dan   Anthon   F.   Susanto.   2007.   Teori   Hukum,   Mengingat, Mengumpulkan dan Membuka Kembali. Bandung: Refika Aditama.

 

2.   Artikel Jurnal, nama    awal   dan    nama akhir  penulis     pertama     dan    nama awal dan      kedua       penulis       kedua,      tahun  publikasi, judul artikel, judul, volume dan  nomor jurnal, halaman  yang dikutip.

Contoh:

Rudy  Hendra Pakpahan  dan    Aras Firdaus.  2020.  Pertanggungjawaban  Pidana Korporasi Perkebunan Atas Pencemaran Limbah Kelapa Sawit. Jurnal Legislasi Indonesia Volume 17 Nomor 2, hlm. 23.

 

 

 

3.   Sumber  internet,  nama  penulis,  judul  tulisan,  nama  media  publikasi, tanggal bulan tahun berita dipublikasikan, tanggal  diakses,  dan tautan  berita.

 

 

2 Muhammad Khairil. Ini Dia Cara Membuat dan Contoh Penutup Makalah Yang Baik dan Benar. Quipper. 26

Desember 2017. Diakses diakses 21 Juli 2020. https://www.quipper.com/id/blog/mapel/bahasa- indonesia/contoh-penutup-makalah/

 

 

Contoh:

Jessica  Helena  Wuysang.  “Aksi  Demonstrasi  Tolak  RUU  HIP  Bergejolak  Di Berbagai  Daerah”.  Detik  News.  26  Juni  2020.  Diakses  tanggal  22  Maret  2021. https://news.detik.com/foto-news/d-5069979/aksi-demonstrasi-tolak-ruu-hip- bergejolak-di-berbagai-daerah

 

4.  Peraturan Perundang-undangan, nama peraturan, nomor dan tahun peraturan, dan judul peraturan.

Contoh:

Undang-Undang   Nomor   12   Tahun   2011   tentang   Pembentukan   Peraturan

Perundang-undangan

 

Submission Preparation Checklist

As part of the submission process, authors are required to check off their submission's compliance with all of the following items, and submissions may be returned to authors that do not adhere to these guidelines.

  1. The submitted article must be a scientific paper such as field research, survey, hypothesis, theoretical review, literature study, book review, and conceptual critical thinking which are objective, systematic, analytic and descriptive.
  2. The submitted article must be an original writing which had not been published in other media.
  3. The article is in A4 paper, Bodoni, double-spaced, 12-point font and around 15 (fifteen) to 20 (twenty) pages long.
  4. The writing uses straightforward, simple, easy to understand and not a double meaning enhanced Indonesian language.
  5. The subject or title must be a short and clear sentence with keywords or key phrases which depict the contents.
  6. The writing systematic is adjusted for rules of scientific writing, such as: a. Systematic of research results must contain: title, name of writer, name of institution, writer’s e-mail address, 1 (one) paragraph abstract in Indonesian language (single-spaced, 10-point font, in between 100-200 words), keywords in Indonesian language, 1 (one) paragraph abstract in English (single-spaced, 10-point font, in between 100-200 words), keywords in English, preface (background, purpose, scope and method), result of the research and discussion (literature review, data and analysis), conclusion and bibliography. b. Systematic of theoretical/conceptual review results must contain: title, name of writer, name of institution, writer’s e-mail address, 1 (one) paragraph abstract in Indonesian language (single-spaced, 10-point font, in between 100-200 words), keywords in Indonesian language, 1 (one) paragraph abstract in English (single-spaced, 10-point font, in between 100-200 words), preface, discussion (specified to sub-titles in accordance with the subject), closing and bibliography.
  7. The writing of citation uses footnote.
  8. The contents, materials and substance of writing are the writer’s responsibilities. The editorial team can edit technical writing (redaction) without change the meaning.
  9. Bibliography uses Chicago Style which contains author’s name and publishing year, title, name of publisher, city/country, page.
  10. The article is submitted along with the writer’s curriculum vitae.
 

Privacy Statement

Setiap pihak yang terlibat dalam penerbitan jurnal ini harus saling menghargai dan menghormati privasi satu sama lain, menjunjung tinggi hak cipta dan etika publikasi ilmiah [lihat Privacy Policy Elsevier].