REKONEKSI HUKUM DAN DISRUPSI TEKNOLOGI MELALUI TAFSIR KONSTITUSIONAL MENDUKUNG PEMBANGUNAN EKONOMI BERKELANJUTAN
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
DAFTAR PUSTAKA
Buku
Asshidiqie, Jimly. (2006). Perkembangan dan Konsolidasi Lembaga-Lembaga Negara Pasca Reformasi. Jakarta: Sekretariat Jendral dan Kepaniteraan Mahkamah Konstitusi.
Barber, Sotirios, A. dan James E. Fleming. (2007). Constitutional Interpretation The Basic Questions, (New York: Oxford University Press.
Bobbit, Philip. (1982). Constitutional Fate: Theory of the Constitution. New York: Oxford University Press.
Corrales, Marcelo, dkk. (2017) New Technology, Big Data and the Law. Singapore: Springer Nature Singapore Pte Ltd.
Gerangelos, Peter. (2009). The Separation of Powers and Legislative Interference in Judicial Process, Constitutional Principles and Limitations. Oregon: Hart Publishing.
Ginsburg, Tom. (2005). Judicial Review in New Democracies, Cambridge: Cambridge University Press.
Kinsey, Mc. Global Institute, (2013). Disruptive Technologies: Advances That Will Transform Life, Business, And The Global Economy. McKinsey & Company.
Klang, Mathias. (2006). Disruptive Technology: Effect of Technology Regulation on Democracy. Gotenborg: Gotenborg University.
Sekretariat Jenderal dan Kepaniteraan Mahkamah Konstitusi. (2010). Hukum Acara Mahkamah Konstitusi. Jakarta: Sekretariat Jenderal dan Kepaniteraan Mahkamah Konstitusi.
Shcwab, Klaus. (2006). Fourth Industrial Revolution, Geneva: World Economic Forum.
Shapiro, Martin dan Alec Stone Sweet. (2002). On Law, Politics, and Judicialization. New York: Oxford.
Soekanto, Soerjono and Sri Mamudji (2009). Penelitian Hukum Normatif Suatu Tinjauan Singkat Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Jurnal
Coates, Joseph F., (1996). Law and Technology in Twenty-First Century. Technological Forecasting and Social Change Volume 52, Issues 2–3, 256-268.
Cockfield, Arthur. J., (2004). Towards a Law and Technology Theory. Manitoba Law Journal Vol. 30 No. 3. 384-415.
Gifford, Daniel J., (2007). Law and Technology: Interactions and Relationships” Minnesota Journal of Law, Science and Technology Vol 8: 2, 571-587.
Moses, Lyria Bennett, (2013). How to Think about Law, Regulation and Technology: Problems with ‘Technology’ as a Regulatory Target”, Law, Innovation and Technology Volume 5, Issue 1. 1-20.
Mukhlis, Imam. Eksternalitas, (2009). Eksternalitas, Pertumbuhan Ekonomi dan Pembangunan Berkelanjutan dalam Perspektif Teoritis, Jurnal Ekonomi Bisnis, Tahun 14, Nomor 3, 191-199.
Prasetyo, Hoedi dan Wahyudi Sutopo. (2018). Industri 4.0: Telaah Klasifikasi Aspek dan Arah Perkembangan Riset, Jurnal Tehnik Industri. Vol. 13, No. 1, 17-26.
Tranter, Kieran. (2017). Disrupting Technology Disrupting Law, Law, Culture and the Humanities, 1-14.
Witjaksono, Mit. (2009). Pembangunan Ekonomi dan Ekonomi Pembangunan: Telaah Istilah dan Orientasi dalam Konsteks Studi Pembangunan, Jurnal Ekonomi dan Studi Pembangunan, Vol. 1, No. 1. 1-5.
Sumber Digital
CNN Indonesia. (2018), Hadapi Revolusi Industri 4.0, Jokowi Ingin Menteri Berinovasi. Diperoleh tanggal 30 Juni 2019, dari https://www.cnnindonesia.com/nasional/20181126230529-20-349440/hadapi-revolusi-industri-40-jokowi-ingin-menteri-berinovasi.
Liputan 6. (2018), Ketua DPR Parisiasi Langkah Jokowi Hadari revolusi Industri. Diperoleh tanggal 30 Juni 2019, dari https://www.liputan6.com/news/read/3427308/ketua-dpr-apresiasi-langkah-jokowi-hadapi-revolusi-industri-40.
Kompas. (2018), Rhenald Kasali Disrupsi Teknologi itu Pasti, Diperoleh tanggal 30 Juni 2019, dari https://ekonomi.kompas.com/read/2018/11/19/202106526/rhenald-kasali-disrupsi-teknologi-itu-pasti.
Kompas. (2019), Demi Peta Uber Rela Bayar Google 820 Miliar. , Diperoleh tanggal 30 Juni 2019, dari
https://tekno.kompas.com/read/2019/04/13/08260097/demi-peta-uber-rela-bayar-google-rp-820-miliar
Mahkamah Konstitusi. (2018), MK Harus Meminimalisir Masalah Kebangsaan. Diperoleh tanggal 30 Juni 2019, dari https://www.mahkamahkonstitusi.go.id/index.php?page=web.Berita&id=14079.
Republika. (2019). Gojek Sumbang Rp. 44, 2 Triliun untuk Eknonomi Indonesia. Diperoleh tanggal 30 Juni 2019, dari https://republika.co.id/berita/ekonomi/korporasi/ppts8d370/gojek-sumbang-rp-442-triliun-untuk-ekonomi-indonesia
Sindonews. (2016), Bentrok Sopir Taksi Vs Ojek Online Akibat Ketidaktegasan Pemrintah. Diperoleh Tanggal 30 Juni 2019, dari https://metro.sindonews.com/read/1094953/170/bentrok-sopir-taksi-vs-ojek-online-akibat-ketidaktegasan-pemerintah-1458643311
Tempo. (2018), Peraturan menteri Perhubungan Soal Ojek Online Terbit. Diperoleh tanggal 30 Juni 2019, dari https://bisnis.tempo.co/read/1186746/peraturan-menteri-perhubungan-soal-ojek-online-terbit
Laporan / Makalah / Artikel
Bank Indonesia (2006). “Working Paper – Dampak Pembayaran Non Tunai Terhadap Perekonomian dan Kebijakan Moneneter”, Bank Indonesia.
Kagermann, dkk. (2013). “Recommendations for implementing the strategic initiative Industrie 4.0: Final report of the Industrie 4.0 Working Group”, Garmany Federal Ministry of Education and Research.
Kementerian Perindustrian. (2018) “Making Indonesia 4.0”, Kementerian Perindustrian.
Peraturan
Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945.
Undang-Undang Nomor 24 tahun 2004 sebagaimana telah diubah dengan Undang-Undang Nomor 8 tahun 2011 tentang Mahkamah Konstitusi.
Undang-Undang Nomor 12 tahun 2011 tentang Pembentukan Peraturan Perundangan.
Putusan
Putusan Mahkamah Konstitusi Nomor 91/PUU-XV/2017.
Putusan Mahkamah Konstitusi Nomor 23/PUU-XVI/2018.
Putusan Mahkamah Konstitusi Nomor 41/PUU-VI/2018.